Selasa, 04 Oktober 2011

MENGAMPUNI-DIAMPUNI

Matius 6:9-15

“....ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami....” (Mat 6:12)

Dalam hidup ini kita butuh materi, kita butuh sandang, pangan, dan papan, tetapi kita juga butuh hal-hal nonmaterial seperti butuh rasa tentram. Salah satu diantara berbagai kebutuhan ialah pengampunan dosa. Tuhan Yesus mengajarkan hal itu di dalam “Doa Bapa Kami”. Bagaimana pengampunan dosa bisa di dapatkan?

Sebuah gelas yang penuh berisi air jika diisi segelas air lagi. Airnya akan tumpah. Namun, jika kita tumpahkan segelas air ke dalam laut, tidak terjadi apa-apa. Bahkan air laut itu masih dapat menampung bergelas-gelas air. Karena apa? Karena laut, betapa pun kecilnya, cukup luas untuk menampung segelas air. Demikian halnya, hanya orang yang mempunyai keluasan hati yang dapat mwngampuni kesalahan orang lain dan tidak menyimpan sakit hati. Tuhan Yesus mengajarkan : “Ampunilah kami akan kesalahan kai, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.” Ketika kita berdoa “Ampunilah kesalahan kami” , kitapun harus mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Dengan kata lain, bila kita membutuhkan pengampunan dosa, mau tidak mau kita juga harus mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Orang berdosa membutuhkan pengampunan dosa adalah kebutuhan kita semua.

Menyimpan sakit hati tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Sedia mengampuni kesalahan orang lain setidaknya dapat membuat kita merasa lebih lega.


NEXT : TIADA YANG MUSTAHIL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar